Apa Saja Kesalahan Audit Internal

Apa Saja Kesalahan Audit Internal

Apa Saja Kesalahan Audit Internal – Dalam training Audit Internal, Konsultan ISO akan menjelaskan apa saja yang menjadi kesalahan dalam melaksanakan audit internal. Kesalahan ini diantaranya adalah :

Apa Saja Kesalahan Audit Internal – Konsultan ISO

1. Auditor mencari kesalahan auditee, tugas auditor yang utama adalah memeriksa kesesuaian sistem, sehingga auditor tidak perlu memaksakan temuan ketidaksesuaian jika memang tidak ditemukan. Auditor harus melakukan analisis secara keseluruhan apakah dokumentasi telah diterapkan secara efektif sehingga tujuan pemastian mutu telah tercapai.

2. Kesalahan berikutnya adalah auditor tidak siap. Auditor belum membaca prosedur yang akan diaudit, dan juga belum menyiapkan check list. Audit Internal yang dilaksanakan harus memberikan nilai tambah, sehingga auditor yang belum siap tidak akan banyak memberikan masukan terhadap pelaksanaan proses.

3. Auditor kehilangan arah audit, hal ini dapat terjadi apabila auditor belum menyiapkan check list. Check list adalah kertas kerja bagi auditor yang akan mengingatkan auditor hal penting apa saja yang akan diperiksanya.

Apa Saja Kesalahan Audit Internal – Konsultan ISO

4. Check List Auditor berfungsi juga sebagai tempat menuliskan fakta temuan selama audit berlangsung. Sehingga Auditor harus menuliskan secara lengkap nama dokumen, nomor dokumen, tanggal dokumen dsb sehingga dapat menjadi acuan dalam pembuatan Laporan Audit Internal

5. Auditor harus mengelola waktu audit dengan efektif. Seringkali karena keterbatan waktu audit menyebabkan auditor tidak dapat menyelesaiakan auditnya sesuai dengan ruang lingkup audit yang menjadi tanggung jawabnya. Banyaknya jumlah proses di suatu bagian akan menyebabkan ‘tidak selesai’nya audit untuk semua prosedur yang ada.

Apa Saja Kesalahan Audit Internal – Konsultan ISO 9001 dan Konsultan ISO 14001

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: