Check List Pengendalian Dokumen

Check List Pengendalian Dokumen

Jasa Konsultan ISO Sistem Manajemen – Check List Pengendalian Dokumen

Berikut ini beberapa hal yang harus diperiksa pada waktu auditor internal memeriksa Pengendali Dokumen :

1. Memeriksa Daftar Induk Dokumen

Daftar Induk Dokumen adalah daftar yang menjelaskan seluruh dokumentasi ISO yang dikendalikan oleh perusahaan yang prosedur, isntruksi kerja dan formulir. Daftar ini menjelaskan tanggal terbit dokumen dan juga status revisi dari masing-masing dokumen.

Auditor harus memeriksa Daftar Induk Dokumen untuk memastikan seluruh proses dalam ruang lingkup sertifikasi ISO telah ditetapkan oleh manajemen perusahaan.

2. Apakah dokumen yang digunakan adalah revisi terakhir?

Perusahaan harus memastikan bahwa dokumen yang digunakan adalah revisi terakhir, dengan melihat kepada Daftar Induk Dokumen, maka auditor dapat mengetahui status revisi dari setiap prosedur atau formulir yang digunakan

Auditor harus melakukan sampling terhadap beberapa prosedur terutama yang telah mengalami revisi apakah telah didistribusikan kepada pelaksana proses

3. Apakah mekanisme revisi telah dilaksanakan dengan efektif?

Pengendali Dokumen harus memastikan mekanisme revisi dokumen dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengendalian dokumen. Mulai dari usulan perubahan dokumen, persetujuan perubahan dokumen sampai dengan penerbitan dan pendistribusian dokumen baru.

Auditor harus memeriksa formulir Usulan Perubahan Dokumen dan formulir Distribusi Dokumen serta memastikan nomor salinan dari dokumen yang terkendali.

4. Apakah Dokumen Eksternal telah dikendalikan dengan baik?

Salah satu persyaratan ISO 9001:2015 adalah memenuhi Undang-undang dan Peraturan terkait. Pengendali Dokumen harus memastikan peraturan dan undang-undang terkait merupakan terbitan terkini yang dijadikan acuan dalam penerapan Sistem Manajemen.

Auditor harus memeriksa Daftar Dokumen Eksternal dan update keterkinian undang-undang dan peraturan yang berlaku

Konsultan ISO 9001 – Check List Pengendalian Dokumen

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: