Diagnostic Assessment ISO

Diagnostic Assessment ISO – Sebelum memulai penerapan Konsultan ISO akan melakukan Diagnostic Assessment atau kajian awal mengenai sistem yang ada pada perusahaan. Beberapa hal mengenai Diagnostic Assessment ini adalah :

  1. Diagnostic assessment bukan ditujukan untuk mengkritik kondisi sistem manajemen yang ada saat ini, tapi tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menilai apa saja yang sudah diterapkan dan mana yang harus ditambahkan dibandingkan dengan standar ISO. Misalnya standar ISO mensyaratkan adanya proses pengendalian informasi terdokumentasi, bagaimana cara menerbitkan dan menyimpannya. Konsultan ISO akan memeriksa apakah sudah ada sistem tersebut diterapkan di perusahaan. Hal ini yang akan disampaikan kepada Manajemen secara berurutan berdasarkan penomoran klausul standar ISO.
  2. Setelah manajemen mendapatkan laporan mengenai kesenjangan atau biasa disebut gap analysis, maka Konsultan ISO akan menetapkan rencana tindakan yang akan dilakukan terhadap masing-masing persyaratan. Apabila tidak diterapkanya persyaratan karena belum ada sistem yang mengaturnya, maka Konsultan ISO akan mengembangkan prosedur yang dibutuhkan. Salah satu keluaran dari Laporan Diagnostic Assement adalah daftar Prosedur yang akan dibuat oleh masing-masing Bagian yang masuk dalam ruang lingkup sertifikasi.
  3. Untuk dapat melaksanakan rencana tindakan, manajemen harus menetapkan Tim ISO yang ditunjuk dengan tugas dan fungsi bersama-sama dengan Konsultan ISO untuk mengembangkan dokumentasi yang telah disetujui manajemen. Hal ini akan ditetapkan dalam rencana kerja Konsultan ISO. Tim ISO harus meluangkan waktunya sesuai dengan rencana kerja yang telah disetujui bersama. Salah satu faktor yang menentukan kesuksesan pencapaian sertifikasi ISO ini adalah pengaturan jadwal yang tidak mengganggu operasional perusahaan.
  4. Laporan diagnostik assessment ini akan menjadi referensi sebagai bukti pada saat awal sebelum penerapan standar ISO. Pada akhir proyek Konsultan ISO akan melaksanakan audit konsultan. Laporan audit konsultan akan menjadi pembanding terhadap kemajuan penerapan sistem manajemen jika dibandingkan dengan hasil laporan diagnostic assessment pada saat awal proyek. Manajemen akan melihat nilai tambah yang ada pada saat perusahaan telah menerapkan standar ISO.
  5. Kegiatan Diagnostic Assessment ini sangat penting untuk melihat secara independen apa saja yang masih perlu ditingkatkan dalam penerapan manajemen perusahaan. Setiap manajer harus sepakat untuk memperbaiki proses yang terkait Bagiannya dalam rangka meningkatkan mutu produk dan layanan serta mencapai kepuasan pelanggan. Konsultan ISO akan memastikan sertifikasi ISO merupakan keputusan strategis perusahaan sekaligus wujud komitmen manajemen untuk meningkatkan kinerja.

 

Hubungi Change Konsultan ISO 9001 dan Konsultan ISO 14001 Profesional untuk melaksanakan Diagnostic Assessment yang akan memberikan masukan kepada Manajemen apa saja yang harus ditingkatkan dalam penerapan manajemen di perusahaan.

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: