ISO dan Reformasi Birokrasi

ISO dan Reformasi Birokrasi oleh Jasa Konsultan ISO Sistem Manajemen – Change Konsultan

Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Kementerian dan Lembaga Pemerintah dapat   dilaksanakan secara bertahap, sistematis, dan terencana. Program penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 harus memiliki target dan kerangka waktu yang jelas ditetapkan oleh masing-masing Unit Kerja sesuai dengan ruang lingkup yang akan disertifikasi.

Tahapan pelaksanaan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) meliputi :

  1. Kajian Awal Sistem Manajemen Mutu
  2. Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  3. Pelatihan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  4. Pengembangan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  5. Tinjauan dan Pengesahan Dokumentasi Sistem Manajemen Mutu
  6. Penerapan dan Sosialisasi Sistem Manajemen Mutu
  7. Pelatihan Audit Internal
  8. Pelaksanaan Audit Internal
  9. Pelaksanaan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan
  10. Pelaksanaan Rapat Tinjauan Manajemen

ISO dan Reformasi Birokrasi oleh Jasa Konsultan ISO – Change Konsultan

Penerapan Sistem Manajemen Mutu di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

1. Tahap pengembangan dokumentasi SMM,

Memastikan Unit Kerja untuk dapat merancang dan mengembangkan dokumentasi SMM termasuk Petunjuk Pelaksanaan (PP) atau Prosedur Kerja dan

2. Tahap penerapan SMM

Memastikan Unit Kerja untuk dapat memahami dan menerapkan SMM serta melakukan penyempurnaan yang diperlukan untuk meningkatkan efetifitas penerapan SMM

Demikian kedua tahap ini berlanjut sampai dengan tahap Sertifikasi SMM yang mengacu kepada standar ISO 9001:2015. Audit Sertifikasi dilakukan oleh Badan Sertifikat ISO yang ditunjuk.

ISO dan Reformasi Birokrasi oleh Jasa Konsultan ISO – Change Konsultan

SMM memiliki peranan penting dalam penerapan Reformasi Birokrasi di Kementerian dan Lembaga Pemerintah yang telah ditetapkan dalam komitmen 8 area perubahan yang meliputi : Organisasi, Tata Laksana, Peraturan Perundang-Undangan, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik dan Pola Pikir dan Budaya Kerja Aparatur.

SMM akan berkontribusi secara signifikan dalam rencana umum penerapan Reformasi Birokrasi khususnya pada area perubahan Tata Laksana yang bertujuan untuk menghasilkan sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai dengan prinsip Good Governance.

SMM akan melakukan penyempurnaan terhadap tugas, fungsi dan alur kerja pelayanan untuk mencapai kinerja tinggi yang menghasilkan peningkatan mutu layanan secara berkesinambungan dan kepuasan pihak yang berkepentingan (stakeholders).

Hubungi Change Konsultan : 0811-8859-476(ISO) untuk penerapan Sistem Manajemen Mutu di Kementerian dan Lembaga Pemerintah.

ISO dan Reformasi Birokrasi oleh Jasa Konsultan ISO Sistem Manajemen – Change Konsultan

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: