Keahlian Auditor Internal

Keahlian Auditor

Keahlian Auditor Internal – Dalam pelatihan Audit Internal, Konsultan ISO akan menjelaskan apa saja yang menjadi keahlian auditor internal yaitu diantaranya :

  1. Teknik Bertanya
  2. Teknik Mendengarkan
  3. Kemampuan Membaca Dokumentasi
  4. Kemampuan Menuliskan Temuan Audit
  5. Kemampuan Mengambil Keputusan dan
  6. Kemampuan untuk Melaporkan

 

Dalam pelatihan ini akan diberikan teknik bertanya yang harus dilakukan (Do) dan yang sebaiknya dihindari (Don’t). Diantaranya adalah Teknik Pertanyaan Tertutup (closed-ended question) dan Teknik Pertanyaan Terbuka (open-ended question) dsb.

Dalam Teknik mendengarkan akan dijelaskan mengenai auditor yang harus konsentrasi dalam mendengar apa yang sedang dijelaskan, menentukan apakah auditee menjawab pertanyaan, coba mengerti sudut pandang yang dijelaskan auditee dsb.

Konsultan ISO akan menjelaskan bagaimana membaca prosedur dan menentukan bagian mana yang penting untuk diperiksa. Bagaimana cara melihat proses dan menentukan area mana yang masih dapat ditingkatkan. Seorang auditor yang baik akan menghasilkan check list audit yang baik apabila mempunyai kemampuan membaca dokumentasi yang baik.

Peserta pelatihan akan belajar cara menuliskan temuan audit, bagaimana merumuskan masalah yang ditemukan, menentukan dimana tempat ditemuakan ketidaksesuaian, apa bukti audit yang mendukungnya dan juga prosedur terkait sebagai acuan pelaksanaan audit.

Seorang auditor yang baik harus mampu menentukan apakah fakta atau bukti-bukti penerapan menunjukkan kesesuaian atau ketidaksesuaian. Auditor juga dapat menuliskan observasi atau masukan untuk peningkatan sistem.

Konsultan ISO juga akan menunjukkan contoh bagaimana membuat Laporan Audit Internal dan bagaimana mempresentasikannya kepada Manajemen. Bagaimana melakukan analisis kesesuaian per klausul dan juga kesimpulan efektifitas sistem manajemen secara umum.

Keahlian Auditor Internal harus ditingkatkan secara periodik untuk memastikan audit internal yang dilaksanakan dapat memberikan nilai tambah bagi penerapan sistem manajemen di dalam perusahaan. Manajemen harus melakukan evaluasi program audit internal termasuk auditor internal yang melaksanakannya

Apakah temuan audit internal masih sebatas dokumentasi, atau auditor internal dapat memberikan masukan dalam tingkat sistem? apakah auditor internal hanya mengaudit kesesuaian proses tanpa memeriksa kinerja proses? apakah auditor internal sudah mampu mengaudit risiko yang menjadi persyaratan baru ISO 9001:2015?

Hubungi Change Konsultan ISO 9001 dan Konsultan ISO 14001 untuk mengadakan pelatihan Auditor Internal baru atau peningkatan kompetensi untuk Auditor Internal yang ada saat ini.

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: