Penerapan ISO 9001 Kontraktor

Konsultan ISO 9001 : Penerapan ISO 9001 Kontraktor | Change Konsultan

konsultan-iso-9001-kontraktor-terbaik

Penerapan ISO 9001 Kontraktor – Konsultan ISO 9001 akan menyiapkan dokumen prosedur-prosedur yang menjelaskan proses yang dilaksanakan dalam jasa kostruksi. Salah satu prosedur yang harus dibuat adalah prosedur Desain dan Rencana Anggaran.

Prosedur ini bertujuan untuk melakukan perancangan desain sesuai persyaratan calon klien dan melakukan perhitungan Rencana Anggaran Biaya yang tepat dan cepat. Ruang lingkup prosedur ini adalah  untuk melakukan perencanaan sebelum melakukan penawaran harga proyek dan melibatkan Bagian Perencanaan.  Beberapa terminologi yang digunakan dalam prosedur antara lain : BoQ (Bill of Quantity), RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan sebagainya.

Penerapan ISO 9001 Kontraktor | Change Konsultan ISO 9001

Klausul ISO 9001:2015 yang terkait dengan proses ini adalah klausal 8.3 : Perancangan dan Pengembangan Produk dan Layanan dan klausal 8.1 : Perencanaan dan Pengendalian Operasi. Tahapan pelaksanaan proses desain dan rencana anggaran adalah sebagai berikut :

Bagian Perencanaan memulai proses desain dengan pembuatan sket, perhitungan struktur dan pembuatan gambar lengkap arsitek dan struktur yang diperlukan.

Drafter menandatangani desain dan diperiksa oleh Manajer Perencanaan untuk menyetujui gambar desain tersebut.

Bila gambar desain dan dokumen yang diperlukan sudah lengkap, dapat langsung dilakukan perhitungan volume. Untuk mempermudah pengisian harga harus menerima dan mengikuti harga terbaru dari Purchasing.

Bagian Perencanaan memeriksa kelengkapan RAB dan disampaikan kepada Direktur Operasi untuk diperiksa. Bagian Perencanaan memperbaiki RAB berdasarkan masukan dan persetujuan Direktur Operasi

Bagian Perencanaan menyerahkan RAB yang telah disetujui oleh Direktur kepada Bagian Marketing

Untuk penawaran yang berupa tender, RAB harus dijilid rapi dan dimasukkan dalam amplop coklat besar dan diberi lak pengaman.

Penerapan ISO 9001 Kontraktor | Change Konsultan

Rekaman yang dihasilkan adalah Bill of Quantity (BoQ) dan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang harus dikendalikan oleh Bagian Perencanaan. Selain Bagian Perencanaan, Konsultan ISO juga akan membuatkan prosedur untuk Bagian Marketing (prosedur Tender dsb), Bagian Operasi (prosedur Pelaksanaan Konstruksi dsb), Bagian HRD (prosedur Pelatihan dsb), Bagian Logistik (prosedur Pengadaan Barang dan Jasa dsb). Ruang lingkup penerapan ISO 9001 di perusahaan kontraktor mencakup kantor pusat dan proyek.

Hubungi Change Konsultan untuk Penerapan ISO 9001 Kontraktor.

Baca Juga :