5 Komponen Sistem Manajemen

Konsultan ISO 9001 Change Konsultan – Berikut ini harus ada dalam pengembangan dan penerapan sistem manajemen diantaranya adalah :

Tanggung Jawab Manajemen

Dalam tanggung jawab manajemen, diharapkan manajemen menetapkan kebijakan dan sasaran mutu. Kebijakan dan sasaran mutu ini harus dipahami oleh seluruh karyawan. Termasuk dalam tanggung jawab manajemen adalah memastikan kecukupan sumber daya diantaranya sumber daya manusia yang kompeten.

Tanggung jawab manajemen ini memastikan pelanggan mendapatkan apa yang diinginkannya dan Sistem Manajemen tetap efektif dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Konsultan ISO membantu mendokumentasikan salah satu dokumen yang harus ada yaitu struktur organisasi yang menunjukkan tanggung jawab terhadap mutu. Struktur organisasi bukan hanya menjelaskan tugas tanggung jawab dan wewenang juga termasuk sistem pelaporan efektifitas sistem manajemen dan penunjukkan penanggung jawab mutu di masing-masing Bagian.

Sistem Manajemen

Sistem Manajemen menjelaskan bagaimana perusahaan akan menerapkannya. Sistem ini harus diterapkan secara menyeluruh dan menjadi satu kesatuan dalam perusahaan. Sistem Manajemen ini juga yang mengharuskan seluruh persyaratan pelanggan terdokumentasi dengan baik.

Persyaratan pelanggan ini dapat terdokumentasi karena adanya prosedur tinjauan kontrak yang memastikan seluruh spesifikasi disetujui bersama oleh pelanggan dan perusahaan.

Sistem manajemen dijelaskan dalam Manual Mutu, Prosedur dan Instruksi Kerja. Konsultan ISO dalam tahap perancangan dan pengembangan sistem manajemen membantu pengembangan seluruh dokumentasi ISO yang dibutuhkan dalam penerapan sistem manajemen. Dokumentasi ini harus disetujui oleh manajemen sebelum dapat disosialisasikan dan diterapkan dalam perusahaan.

Konsultan ISO – 5 Komponen Sistem Manajemen

Pengendalian Desain

Pada beberapa perusahaan ada bagian R&D. Bagian ini memastikan seluruh persyaratan pelanggan dapat diterjemahkan dari spesifikasi produk dan layanan menjadi spesifikasi bahan baku dan proses-proses sehingga apa yang diharapkan pelanggan dapat dicapai.

Dalam tahap ini ada beberapa aktifitas yang harus dikendalikan. Yang pertama adalah rencana desain yang menjelaskan jadwal pelaksanaan pengembangan desain.

Berikutnya adalah masukan desain yang harus mendokumentasikan hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam proses desain. Kemudian ada proses verifikasi desain, reviu desain dan validasi desain yang bertujuan untuk memeriksa hasil desain baik internal maupun melibatkan pihak yang berkepentingan. Terakhir adalah keluaran desain dan perubahan desain yang harus terdokumentasi dengan baik. Konsultan ISO membantu perusahaan untuk memiliki prosedur desain yang mencakup seluruh aktifitas yang dipersyaratkan standar mulai dari masukan desain sampai dengan keluaran desain dan perubahannya.

Pengendalian Dokumen

Pengendalian dokumen dalam sistem manajemen bertujuan untuk mengatur dokumentasi agar dapat digunakan dengan benar. Karenanya ada mekanisme untuk persetujuan dokumen, siapa saja yang dapat meninjau dan menyetujui dokumen. Controlled copy atau nomor salinan dibuat untuk mengendalikan siapa saja yang memegang prosedur terkait.

Penarikan dokumen bertujuan untuk mencegah dokumen yang kadaluarsa secara tidak sengaja digunakan untuk pelaksanaan proses.

Konsultan ISO membantu pengendali dokumen dengan memberikan pelataihan khusus agar dapat melaksanakan tugas pokok fungsinya dengan baik. Pengendalian Rekaman juga termasuk yang harus dikendalikan oleh perusahaan yang menerapkan sistem manajemen. Dimana dan bagaimana menyimpan rekaman serta menentukan masa simpannya untuk masing-masing Bagian. Rekaman harus mudah diakses dan ditemukan.

Identifikasi dan Mampu Telusur

Pada setiap tahapan produksi produk harus dapat diketahui indentifikasinya. Identifikasi dan mampu telusur menjadi sangat penting apabila produk memiliki masa pakai sehingga harus ada identifikasi yang menyatakan kapan produk tersebut mengalami penurunan mutu.

Persyaratan ini juga menjadi wajib apabila persyaratan pelanggan mewajibkan perusahaan untuk dapat menelusuri produk dan layanannya telah disampaiakan kepada pelanggan.

Apabila produknya adalah suku cadang maka identifikasi menjadi sangat penting untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk yang tepat. Mampu telusur apabila memungkinkan harus dapat ditelusuri sampai dengan bahan baku. Pernah mendengar salah satu produsen mobil menarik kembali mobil yang telah terjual kepada konsumen?

Karena sesuatu masalah yang membahayakan konsumen dan dengan kemampuan identifikasi dan mampu telusur yang baik, produsen mobil tersebut dapat menarik kembali mobil yang sudah dipasarkan dengan identifikasi nomor produksinya. Konsultan ISO akan membantu perusahaan menetapkan mekanisme identifikasi dan mampu telusur.

Demikian 5 komponen Sistem Manajemen yang akan mempengaruhi desain sistem manajemen yang dikembangkan. Hubungi Change Konsultan : 0811-8859-ISO(476)

Incoming Search Terms : 5 Komponen Sistem Manajemen, Konsultan ISO 9001 Change Konsultan

Baca Juga :