Ini Adalah Tupoksi Manajer

Apa saja tupoksi manajer?. Seorang manajer memegang peranan penting dalam organisasi. Bukan saja sebagai kepanjangan tangan Direktur, namun seorang manajer mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dan mencapai target kinerja di Bagiannya. Ini adalah tupoksi manajer yang menjadi tugas pokok fungsi manajer :

  1. Berkomunikasi Efektif

Seorang manajer harus dapat berkomunikasi secara efektif dengan bawahannya. Bawahan harus mengetahui bahwa manajer adalah yang mengatur dan memberikan arahan dalam pekerjaan agar pekerjaan selesai. Harus membuat lingkungan kerja yang saling percaya. Namun untuk dapat produktif memang unit kerja harus dikendalikan walaupun tetap ada ruang untuk inovatif dalam melakukan pekerjaan.

Standar kerja atau prosedur adalah salah satu bentuk komunikasi tertulis antara atasan dan bawahan. Uraian pekerjaan yang rinci dalam melakukan proses menghindari kesalahpahaman dalam melakukan tugas. Konsultan ISO 9001 membantu membuatkan SOP untuk menjamin proses dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif.

Tugas Manajer

  1. Menjadi Mentor

Manajer harus menjadi tempat bagi bawahannya untuk mendapatkan arahan. Mentor berarti juga harus mengembangkan kemamampuan dan kompetensi bawahan. Manajer harus mengerti masing-masing karakter untuk mampu mengembangkannya. Melalui penilaian kinerja seorang manajer memberikan dan menerima masukan mengenai tugas dan proses yang dilaksanakan di area kerja.

Penilaian kinerja dilakukan terhadap SKP atau sasaran kinerja pegawai. Yang sulit adalah membuat sasaran kinerja perusahaan diturunkan menjadi target operasional unit kerja dan diterjemahkan mendaji sasaran kinerja pegawai. Konsultan ISO membantu menyelaraskan sasaran kinerja perusahaan dengan sasaran kinerja pegawai.

  1. Membangun Tim Solid

Unit kerja harus dilakukan secara kolektif. Sasaran kinerja harus selalu dimonitor apa saja yang tidak sesuai rencana. Seorang manajer dapat melakukan pengambilan keputusan secara partisipatif, artinya melibatkan seluruh staf di area kerjanya. Karena itu seorang atasan haruslah menjadi team leader yang menetapkan sassaran bersama.

Sebuah tim yang solid dibangun dengan saling kerjasama seluruh staf. Dalam beberapa penugasan seorang manajer harus dapat membetuk sebuah tim untuk mengerjakan proyek. Pembagian tugas dan wewenang dalam proyek harus jelas dan menetapkan titik-titik kendali yang harus dimonitor secara periodik.

Konsultan ISO dapat memberikan pelatihan Manajemen Proyek untuk merencanakan, melaksanakan dan mengendalikan tugas dalam bentuk proyek yang ada jadwal waktu mulai dan target selesainya.

  1. Melakukan Peningkatan Proses

Selain mencapai hasil yang ditargetkan, seorang manajer juga mempunyai peran sebagai agen perubahan. Perubahan menjadi lebih baik atau disebut kaizen. Seorang manajer harus memikirkan bagaimana sebuha proses dapat dilaksanakan dengan lebih baik, lebih cepat, lebih efisien, lebih efektif dan sebagainya.

Karena itu seorang manajer harus mempunyai keahlian untuk melakukan analisis proses untuk mengetahui kinerja yang ada saat ini sehingga dapat meningkatkannya secara sistematis dan bertahap.

Konsultan ISO memberikan pelatihan Peningkatan Mutu dan 7 QC Tools untuk membekali seorang manajer untuk mampu melaksanakan tugasnya melakukan peningkatan proses dan inovasi untuk produk dan layanan.

  1. Mengelola Perubahan

Manajemen perubahan sangat penting. mulai dari perubahan perilaku dan budaya sampai dengan program-program peningkatan mutu yang pasti terkait dengan adanya perubahan. Hidup dengan perubahan adalah sebuah kewajiban dalam perusahaan yang terus berkembang.

Berpikir kreatif untuk melakukan perubahan untuk menjadi lebih baik. Bagaiamana menghadapi penolakan terhadap perubahan?

Konsultan ISO 9001 Change Konsultan memberikan pelatihan Manajemen Perubahan untuk menjelaskan bagaimana merencanakan dan memperkenalkan perubahan kepada perusahaan serta mengendalikan perubahan. Seorang manajer harus mampu meyakinkan dan membawa seluruh unit kerjanya untuk melakukan perjalanan perubahan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Hubungi Change Konsultan untuk Konsultansi ISO dan Pelatihan Manajemen.

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: