Kebutuhan dan Harapan Pihak Terkait

Konsultan ISO 14001:2015 | Kebutuhan dan Harapan Pihak Terkait

Dalam ISO 14001:2015 Klausul 4.2 Memahami Kebutuhan Dan Harapan Pihak Berkepentingan, Manajemen harus mengidentifikasi pihak-pihak yang berkepentingan yang terkait dengan Sistem Manajemen Lingkungan, mengidentifikasi kebutuhan dan harapannya serta menetapkan apakah kebutuhan dan harapan pihak terkait tersebut menjadi kewajiban kesesuaian untuk Sistem Manajemen Lingkungan Perusahaan.

Berikut ini contoh identifikasi kebutuhan dan harapan pihak terkait dan tindakan pengendaliannya :

A. Pelanggan

Kebutuhan dan harapan : Perusahaan mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan Sistem Manajemen Lingkungan yang ada dan Perusahaan dikelola dengan baik tanpa merusak lingkungan.

Tindakan pengendalian : Menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan dan menyediakan sistem yang mendukung pelestarian alam.

B. Karyawan

Kebutuhan dan harapan : Bekerja dengan aman dan nyaman, mendapat pelatihan kerja dan menjaga kebersihan dan memilah sampah.

Tindakan pengendalian : Melaksanakan pelatihan lingkungan sesuai standar kompetensi dan menyediakan fasilitas yang memadai.

Konsultan ISO 14001:2015 | Kebutuhan dan Harapan Pihak Terkait

C. Pemerintah

Kebutuhan dan harapan : Mematuhi persyaratan dan ketentuan Pemerintah serta mengirimkan laporan bulanan secara berkala kepada pihak-pihak terkait.

Tindakan pengendalian : Mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

D. Pesaing

Kebutuhan dan harapan : Dapat bersaing secara profesional.

Tindakan pengendalian : Menerapkan ISO 14001:2015 secara efektif dan kinerja pengeloaan lingkungan dapat tercapai.

Hubungi Change Konsultan ISO 14001 untuk penerapan ISO 14001 yang telah membantu banyak perusahaan mencapai sertifikasi ISO 14001 tepat waktu sesuai rencana manajemen.

Baca Juga :