Good Manufacturing Practices GMP

Good Manufacturing Practices oleh Konsultan ISO dan Halal. GMP adalah pedoman bagi perusahaan dalam industri makanan untuk memproduksi dengan baik. Apabila perusahaan tersebut ingin mendapatkan sertifikat HACCP maka penerapan GMP adalah salah satu yang harus dilakukan.

gmp

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan GMP adalah :

  1. Lokasi bangunan atau pabrik perusahaan makanan harus berada di tempat yang bebas dari pencemaran. Hal ini dapat ditimbulkan dari daerah persawahan atau rawa, dekat dengan tempat pembuangan samapah dan lain sebagainya. Pencemaran dapat juga berasal dari daeerah sekitarnya misalnya dekat dengan industri yang menghasilkan pencemaran yang dapat berkontaminasi pada makanan atau minuman yang diproduksi. Pencemaran dapat terjadi juga akibat kurang baiknya sistem pembuangan air sehingga terdapat genangan ait yang merupakan tempat serangga.
  2. Bangunan harus dibuat sesuai dengan perencanaan GMP. sehingga mudah dibersihkan, mudah diterapkan prosedur sanitasi dan mudah dipelihara. Sebaiknya bangunan produksi harus terdiri dari ruangan pokok dan ruangan pelengkap yang harus terpisah sedemikain rupa sehingga terhindar dari pencemaran silang. Ruangan pokok luasnya harus sesuai dengan jenis dan kapasitas produksi dan diatur susunannya atau layoutnya dengan baik. Sedangkan ruang pelengkap luasnya harus sesuai dengan banyaknya karyawan yang bekerja dan letaknya dapat mendukung proses produksi utama.

Konsultan ISO Halal : Good Manufacturing Practices

  1. Lantai harus rapat air dan tahan terhadap air, basa, garam atau bahan kimia lainnya. Permukaan lantai harus rata dan tidak licin dan yang paling penting mudah dibersihkan. Untuk ruangan yang membutuhkan pembilasan air harus memiliki saluran pembuangan yang baik. Yang penting lainnya adalah pertemuan antara lantai dan dinding tidak boleh membentuk sudut mati dan harus melengkung supaya mudah dibersihkan.
  2. Dinding sekurang-kurangnya 20cm dari lantai harus rapat air, sehingga tidak lembab. Permukaan dinding harus rata dan berwarna terang. Sedangkan untuk atap tahan terhadap air dan tidak bocor. Atap juga harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terlepas bagiannya dan mudah dibersihkan.Atap juga tidak boleh berlubang dan tidak retak. Jarak atau tinggi atap dari lantai sekurang-kurangnya 3m.
  3. Pintu harus terbuat dari bahan yang mudah dibersihkan dan dapat ditutup dengan baik. Pintu harus membuka ke luar. Untuk jendela sekurang-kurangnya 1 meter dari lantai dan mudah dibersihkan. Sedangkan penerangan lumentasinya sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan proses produkesi makanan dan minuman. Ventilasi udara harus cukup untuk memastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik. Ruangan harus tertutup dan dapat diatur suhunya. Lunang ventilasi harus dibuat sehingga mencegah serangga dapat masuk ataupun kotoran dan debu yang masuk ke dalam ruang produksi makanan dan minuman.

Demikian itu beberapa persyaratan GMP yang merupakan dasar penerapan manajemen sistem keamanan pangan HACCP yang harus disiapkan oleh perusahaan. (Sumber : Keputusan Menteri Kesehatan No. 23/MenKes/SK/I/1978 Tentang Pedoman Cara Produksi Yang Baik untuk Makanan)

Good Manufacturing Practices is written by : Konsultan ISO Halal

Baca Juga :