Membuat Kebijakan Mutu

Membuat Kebijakan Mutu ISO 9001 | Konsultan ISO 9001

Konsultan ISO 9001 membantu membuat kebijakan mutu perusahaan. Kebijakan mutu adalah pernyataan formal manajemen mengenai kebijakan dan tujuan penerapan ISO 9001. Apa saja yang biasanya dinyatakan dalam kebijakan mutu?

A. Mencapai Kepuasan Pelanggan

Kata kunci pertama yang biasanya ada dalam Kebijakan Mutu adalah mencapai kepuasan pelanggan. Jadi manajemen hendak menyampaikan kepada seluruh karyawan bahwa tujuan akhir dari penerapan ISO 9001 adalah mencapai kepuasan pelanggan. Pelanggan adalah orang yang paling penting di dalam organisasi sehingga seluruh aktifitas dan usaha yang dilakukan adalah memenuhi apa yang diharapkan oleh pelanggan. Mencapai kepuasan pelanggan diukur dengan index kepuasan pelanggan. Konsultan ISO 9001 membantu perusahaan untuk melakukan survey kepuasan pelanggan untuk mengukur persepsi pelanggan terhadap produk dan layanan yang dihasilkan. Dengan adanya ukuran yang jelas sebagai indikator kinerja penerapan ISO 9001, maka perusahaan akan selalu meningkatkan mutu produk dan layanan untuk mencapai Kebijakan Mutu yang telah ditetapkan.

B. Menerapkan ISO 9001 secara konsisten

Kata kunci kedua yang biasanya ada dalam Kebijakan Mutu adalah menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 secara konsisten. Komitmen ini merupakan pernyataan manajemen untuk memenuhi seluruh persyaratan standar. Manajemen di masing-masing bagian menjalankan prosedurnya secara konsisten dan menyimpan rekaman mutu yang merupakan bukti kesesuaian proses dan produk yang dihasilkan dibandingkan dengan persyaratan atau spesifikasi mutu yang telah ditetapkan. Pernyataan menerapkan ISO 9001 secara konsisten berarti juga mendukung seluruh aktifitas yang menjadi sub komponen sistem manajmen mutu seperti pengukuran sasaran mutu, pelaksanaan audit internal dan juga termasuk mengendalikan seluruh rekaman mutu yang menjadi tanggung jawabnya. Konsultan ISO 9001 melakukan sosialisasi sehingga seluruh karyawan terlibat dan mendukung penerapan ISO 9001 secara efektif  dan konsisten.

Membuat Kebijakan Mutu ISO 9001 | Konsultan ISO 9001

C. Memastikan kompetensi karyawan

Hal berikutnya yang masuk ke dalam Kebijakan Mutu adalah komitmen manajemen terhadap pengembangan sumber daya manusia khususnya kompetensi. Dalam konsep Sistem Manajemen Mutu bukan hanya sistem dan prosedur yang penting namun juga karyawan sebagai pelaksana proses juga harus kompeten. Dengan pernyataan ini berarti perusahaan menaruh perhatian khusus terhadap program pelatihan karyawan. Setiap pelatihan yang masuk dalam program pelatian tahun harus dilaksankan dan juga dievaluasi efektifitasnya. Efektifitas pelatihan dinilai bukan hanya outputnya namun juga outcomes atau dampaknya terhadap perusahaan. Konsultan ISO 9001 memastikan setiap sen rupiah yang dikeluarkan oleh perusahaan harus daapt meningkatkan kompetensi karyawan dan memberikan nilai tambah yang positif bagi perusahaan. Dalam perusahaan jasa komitmen terhadap kompetensi karyawan ini menjadi sangat penting bagai pemastian mutu yang diinginkan oleh manajemen.

D. Merawat sarana prasarana

Sarana Prasarana merupakan hal penting dalam mendukung proses utama perusahaan. Kalau di perusahaan manufaktur seluruh mesin produksi pastilah kunci mencapai mutu produk. Karenanya komitmen manajemen untuk memelihara sarana prasarana adalah hal yang utama. Sedangkan di perusahaan jasa layanan seperti bank maka sarana prasarana langsung dinilai oleh pelanggan, seberapa banyak atm yang dimiliki bank yang dapat beroperasi melayani pelanggan akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Misalnya di perusahaan penerbangan yang telah memiliki sertifikat ISO 9001 maka ketepatan waktu pemberangkatan, pesawat dan ruang tunggu adalah bagian dari komitmen merawat sarana prasaran. Konsultan ISO 9001 akan membantu perusahaan membuat program pemeliharaan sarana dan prasarana yang baik untuk memastikan kondisi yang baik dalam melakukan proses produksi dan memberikan pelayanan pelanggan.

E. Meningkatkan Sistem Manajemen Mutu

Komitmen yang juga harus ada dalam Kebijakan Mutu adalah meningkatkan Sistem Manajemen Mutu secara berkesinambungan. Peningkatan SMM ini harus dapat diukur dalam program peningkatan mutu dari masing-masing bagian yang harus mengusulkan apa yang ditingkatkan dalam unit kerjanya. Usulan peningkatan mutu ini akan ditinjau oleh manajemen dan disetujui untuk dilaksanakan. Meningkatkan SMM dapat juga berarti diantaranya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, meningkatkan sasaran mutu, menurunkan ketidaksesuaian produk dsb. Konsultan ISO 9001 membantu perusahaan menetapkan program peningkatan mutu tahunan yang akan menghasilkan peningkatan mutu berkesinambungan sebagai salah satu tujuan utama manajemen menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001.

Membuat Kebijakan Mutu ISO 9001 | Konsultan ISO 9001

Hubungi Change Konsultan di 0811-8859-476 atau E-mail: changekonsultan@gmail.com dengan alamat : Beltway Office Park, Tower B Level 5, Suite 501 – Jl. Let Jend TB Simatupang No. 41, Jakarta 12550. Change Konsultan – Jasa Konsultan ISO 9001 Profesional Terpercaya di Jakarta.

Tags : Kebijakan Mutu, Konsultan ISO, Membuat Kebijakan Mutu ISO 9001

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: