Membuat Kerjasama Tim

teamwork

Membuat Kerjasama Tim oleh Konsultan ISO 

Jika kita berbicara tim maka yang kita bayangkan adalah sekumpulan orang yang bekerjasama melakukan sesuatu. Bisa memecahkan masalah atau melakukan peningkatan proses.

Jadi yang menjadikan satu tim adalah kesamaan tujuannya.

Apa saja yang pelu diperhatikan agar kerjasama tim dapat berjalan :

Kapan Tim Harus Dibentuk?

Sebuah tim harus dibentuk apabila sebuah masalah harus menjadi perhatian bukan saja satu orang atau satu bagian tapi harus menjadi perhatian seluruh organisasi. Nah pada saat inilah dibutuhkan dibentuk sebuah tim. Bisa juga karena akar masalah belum diketahui dengan pasti karenanya dibutuhkan banyak masukan dari berbagai bagain. Atau kalau tindakan koreksi atau solusi terhadap masalah membutuhkan brainstroming atau diskusi lintas fungsi. Konsultan ISO dapat menyarankan dibentuknya sebuah tim apabila manajemen membutuhkan konsensus atau kesepakatan beberapa pihak yang terkait dalam organisasi untuk melaksanakan komitmennya dalam menghadapi masalah atau problem bersama.

Kerjasama Tim | Konsultan ISO

Apa Kelebihan Tim?

Sebuah tim yang kompak dan fokus terhadap suatu masalah atau tujuan pasti lebih baik dari individu. Hal ini karena adanya sinergi tim. Dengan adanya hal ini ditambahkan dengan kreatifitas anggota tim makan solusi yang dihasilkan diharapkan lebih baik. Sinergi antar anggota ini menyebabkan 1+1+1 dst sebanyak anggota tim sehingga hasilnya menjadi lebih baik. Selain itu Tim yang dipimpin dengan baik akan meruntuhkan batasan antar bagian. Kalau selama ini ada pembatas dan karyawan bekerja hanya untuk bagiannya saja, maka dengan tim batasan itu dihancurkan. Tim bekerja lintas fungsi untuk kepentingan organisasi. Konsultan ISO akan memastikan hasil akhir dari Tim yang baik akan meningkatkan kerjasama antar bagian yang pada akhirnya akhirnya akan memperkuat organisasi.

Konsultan ISO | Kerjasama Tim

Faktor Yang Mempengaruhi Tim

Beberapa faktor sangat mempengaruhi apakah sebuah tim akan berhasil dalam organisasi. yang pertama adalah budaya. Budaya organisasi dan value atau nilai yang ditanamkan untuk bekerjasama akan sangat mempengaruhi efektifitas tim. Nilai layanan terhadap pelanggan dapat menjadikan budaya ini menjadi sasaran atau goal utama. Manajemen juga harus menyediakan waktu dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Termasuk juga pelatihan apabila dibutuhkan. Yang terpenting adalah reward atau penghargaan yang diberikan kepada tim terhadap semua hasil yang memberikan nilai tambah kepada manajemen dan organisasi secara keseluruhan. Konsultan ISO memastikan tim tidak gagal. Beberapa penyebab tim gagal antara lain : tidak adanya dukungan manajemen, tidak tersedianya waktu yang cukup dan juga tidak ada kesepakatan bersama mengenai goal yang akan dicapai. Salah satu yang terpenting adalah tidak adanya skill yang dibutuhkan dalam mememcahkan masalah.

Konsultan ISO Jaminan Lulus memberikan pelatihan Tim Dinamis selama 2 (dua) hari yang akan memastikan organisasi memiliki tim yang kompeten dan handal dalam melakukan kerjasama tim.

Tags : Kerjasama Tim, Konsultan ISO, Pelatihan Tim Dinamis

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: