Peran Manajemen Dalam ISO 14001

Peran Manajemen dalam ISO 14001 | Change Konsultan ISO 14001

Direktur telah menetapkan struktur organisasi dan tanggung jawab dan wewenang untuk menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) ISO 14001:2015.

Struktur organisasi perusahaan menjelaskan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam menjalankan proses bisnis perusahaan.

Khususnya dalam penrapan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001, maka berikut ini peran Manajemen Puncak dan juga Manajer Bagian untuk memastikan efektifitas penerapan SML di perusahaan.

Peran Manajemen dalam ISO 14001 | Change Konsultan ISO 14001

Peran Direktur, Manajer dan Wakil Manajemen Lingkungan dalam penerapan Sistem Manajemen Lingkungan dijabarkan sebagai berikut :

a. Direktur dan Manajer

  1. Memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan Undang-Undang Keselamatan Kerja Republik Indonesia No.1 tahun 1970.
  2. Melakukan tindakan efektif untuk mengintegrasikan SML kedalam semua aspek pekerjaan melalui proses peningkatan berkesinambungan.
  3. Menyebarluaskan komunikasi dan kesadaran tentang Lingkungan sebagai bagian dari semua aspek pekerjaan.
  4. Merencanakan, membangun, menerapkan, dan memantau program Lingkungan.
  5. Menyetujui program pelatihan karyawan di bidang lingkungan.

 

b.  Manajemen Representatif Lingkungan (EMR)

  • Memiliki pengetahuan yang baik tentang Peraturan Lingkungan antara lain : Permen LH No. 13 Tahun 2010 tentang Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL), Permenaker No. 13 Tahun 2011 tentang Nilai Ambang Batas, Permen LH No. 3 Tahun 2008 tentang Simbol dan Label B3 dsb
  • Memberikan saran berharga kepada manajemen tentang masalah Lingkungan.
  • Menyediakan laporan bulanan kinerja Lingkungan untuk direview oleh manajemen.
  • Mengkoordinasi dan melaksanakan pelatihan di bidang lingkungan kepada seluruh karyawan.
  • MR SML bersama Manajer dan karyawan bertanggung jawab untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan yang telah ditetapkan dan mereka juga harus menjaga lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya masing-masing.

Peran Manajemen dalam ISO 14001 | Change Konsultan ISO 14001

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: