Apa Saja Perangkat Analisis Data

Apa Saja Perangkat Analisis Data oleh Konsultan ISO

Standar ISO 9001:2015 mewajibkan perusahaan untuk melakukan analisis data. Analisis data ini dilakukan untuk mengecaluasi data dan informasi hasil pengukuran dan pemantauan proses. Klausul 9.1.3 standar ISO 9001:2015 ini  menjelaskan bahwa analisis data dapat mencakup teknik statistik.

Salah satu teknik statistik yang dapat digunakan adalah histogram. Apa saja yang perlu kita ketahui dari Histogram ini?:

Histogram

  1. Histogram adalah alat atau metode untuk menunjukkan variasi data pengukuran.

Piranti ini menggambarkan distribusi pengukuran dalam bentuk diagram batang. Kalau menggunakan Pareto Chart menunjukkan hasil pengukuran dari yang terbanyak frekuensinya sehingga menghasilkan diagram batang yang menurun tingginya dari kiri ke kanan. Sedangkan histogram disusun berdasakan jangkauan data pengukurannya.

  1. Histogram dapat digunakan untuk mengetahui sebaran data berdasarkan rentang data yang telah ditentukan.

Metode ini untuk mengetahui data mana yang paling banyak. Misalnya kita mau mengukur variasi produk yang dihasilkan apakah mempunyai diameter yang konstan, maka langkah pertama adalah mengumpulkan data diameter produk. Diameter produk yang diukur ada 100 produk maka data pertama yang harus dituliskan adalah n = 100.

  1.  Menentukan R atau jarak hasil pengukuran terbesar dan terkecil.

R merupakan jarak antara hasil pengukuran terbesar dikurangi hasil pengukuran terkecil dari 100 produk yang kita sudah ukur tadi. Misalnya produk terbesar yang kita ukur diameternya 10,5 cm dan diameter prduk yang terkecil yang kita ukur adalah 9.5 cm. Maka R atau jarak adalah : 10.5 cm – 9.5 cm atau sebesar 1.0 cm.

  1. Menetapkan banyaknya Kelas atau kelompok sebaran.

Untuk melihat sebaran panjang diameter dari produk yang kita hasilkan maka kita membutuhkan Kelas atau K yang merupakan kelompok besaran diameter. Untuk jumlah data n = 100 biasanya kita membagi menjadi 10 kelas, artinya K = 10.

  1. Menghitung lebar Kelas.

Setelah kita menentukan 100 diameter produk kita akan dibagi menjadi 10 kelas, maka berikutnya kita akan menentukan lebarnya setiap kelas atau yang disebut sebagai H. H adalah R dibagi K. Maka dalam kasus ini lebarnya kelas atau H adalah 1.0 cm dibagai 10 maka lebarnya kelas adalah 0.1 cm.

  1. Menentukan Kelas 1 sampai dengan kelas 10.

Kemudian kita bisa membuat diagram batang Histogram dimulai dari kelas yang paling bawah yaitu : Kelas 1 dengan batas kelas 9.50 – 9.60 cm (ini adalah hasil pengukuran terkecil ditambah dengan lebar kelas. Kelas berikutnya : Kelas 2 dengan batas kelas 9.61 – 9.71 cm dan seterusnya sampai dengan kelas terakhir yaitu kelas 10 dengan batas kelas 10.59 – 10.69 cm

  1. Memasukkan data hasil pengukuran.

Kemudian barulah kita masukkan data diameter produk ke dalam masing-masing kelas. Sehingga didapat yang biasa disebut distribusi normal. Distribusi normal adalah salah satu analisis statistik yang digunakan untuk mengetahu rata-rata dan simpangan baku.

  1.  Histogram adalah alat analisis data yang digunakan dalam mengetahui rata-rata kinerja suatu produk atau proses dan simpangan bakunya.

Konsultan ISO biasanya mengukur rata-rata kinerja proses dan simpangan bakunya terlebih dahulu sebelum menetapkan menjadi sasaran mutu. Hal ini sangat penting karena sasaran mutu biasanya terkait langsung dengan pelanggan. Pelanggan yang merasakan spesifikasi produk dan kinerja layanan perusahaan. Dengan melakukan perhitungan distribusi normal maka perusahaan dapat menetapkan tingkat layanan yang dapat dipenuhi untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Dalam standar ISO 9001:2015 klausul 9.1.1 menyebutkan perusahaan harus menentukan apa yang dipantau dan diukur dan harus dianalisa dan dievaluasi. Salah satu yang dievaluasi adalah kesesuaian produk dan jasa, sehingga perusahaan harus melakukan analisis statistik untuk mengetahui sebaran yang dianggap ‘normal’ sesuai kemampuan kinerjanya saat ini.

Konsultan ISO Change Konsultan memberikan pelatihan Analisis Data yang menjelaskan teknik-teknis analisis dengan menggunakan beberapa metode untuk memberikan kompetensi kepada perusahaan untuk mampu menetapkan sasaran mutu yang tepat untuk memberikan produk dan jasa layanan terbaik kepada pelanggan sehingga tercapai kepuasan pelanggan.

Hubungi Jasa Konsultan ISO 9001 Change Konsultan Terpercaya dan Memberikan Jaminan Lulus Sertifikasi ISO dengan waktu cepat dan harga bersahabat. ” Apa saja Perangkat Analisis Data Untuk Melakukan Peningkatan Mutu ”

Baca Juga :