Atribut Baik Auditor

Atribut Baik Auditor – Dalam melakukan audit berikut ini adalah beberapa atribut yang harus dimiliki sesorang auditor yang baik.

Atribut Baik Auditor | Konsultan ISO 9001 Change Konsultan

1. Fokus

Auditor harus fokus terhadap tujuan audit untuk memeriksa penerapan Sistem Manajemen. Apa yang menjadi persyaratan standar dan bagaimana organisasi memenuhinya. Auditor juga harus memberikan nilai tambah audit yang dilaksanakannya terhadap peningkatan sistem manajemen yang diterapkan

2. Berpikir Terbuka

Auditor harus dapat mempertimbangkan atau menerima sudut pandang lain. Seorang auditor harus mencoba memahami apa yang sedang dijelaskan auditee dan menentukan apakah yang dijelaskan dapat diterimanya.

auditor

Atribut Baik Auditor | Konsultan ISO

3. Diplomatis

Auditor harus menjaga hubungan baik dengan auditee, tidah berdebat dan dapat mengendalikan emosinya. Auditor tidak menyatakan pendapat pribadinya, namun tetap mengacu terhadap standar dalam melakukan pemeriksaan penerapan sistem.

4. Mengamati

Auditor harus memperhatikan aktifitas proses yang sedang berlangsung. Menyaksikan pelaksanaan proses di area kerja harus dilakukan untuk memastikan bahwa prosedur telah dilaksanakan secara efektif untuk mencapai kriteria yang telah ditetapkan.

Atribut Baik Auditor | Konsultan ISO

5. Logis

Auditor harus mengumpulkan bukti-bukti penerapan, melakukan analisis dan membuat kesimpulan apakah sistem telah dilaksanakan dengan efektif. Apabila ada temuan ketidaksesuaian harus disertai bukti obyektif yang dicatat dengan benar dan akurat.

6. Dapat Dipercaya

Dalam melakukan audit, seorang auditor mempunyai akses terhadap data dan informasi yang mungkin saja rahasia. Seorang auditor harus menjaga kerahasiaan data dan informasi yang ditemukannya dalam proses audit dan tidak menyampaikannya di area publik.

Jasa Konsultan ISO 9001 | Atribut Baik Auditor

Baca Juga :