Fungsi Manajemen

Konsultan ISO : Fungsi Manajemen ditulis oleh Change Konsultan – Dalam menjalankan perusahaan, Manajemen harus menjalankan tugas pokoknya dengan baik agar perusahaan berhasil mencapai tujuannya. Beberapa kegiatan utama manajemen dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Perencanaan

Perencanaan adalah hal pertama dan utama harus dilakukan oleh manajemen. Tidak ada sesuatu yang dapat dicapai kecuali melalui sebuah perencanaan yang baik. Apabila target dapat dicapai tanpa sebuah perencanaan itu adalah sebuah kebetulan. Target is planned. Tujuan direncanakan. Ini tugas seorang manajemen yang profesional untuk membuat rencana kerja untuk kemudian dianggarkan agar dapat dilaksanakan. Dengan rencana kerja yang dianggarakan maka hasil output dan sasaran yang akan dicapai juga dapat terukur. Salah satu bagian dari perencanaan adalah membuat sasaran atau target yang harus dicapai organisasi. Konsultan ISO membantu menterjemahkan target ini menjadi sasaran operasional di masing-masing bagian. Pencapaian sasaran bagian akan berkontribusi terhadap pencapaian sasaran di tingkat perusahaan.

Konsultan ISO dan Fungsi Manajemen

  1. Pengorganisasian

Pengorganisasian atau disebut juga mengelola. Fungsi manajemen ini memastikan seluruh proses kerja telah ditetapkan terlebih dahulu. Dalam penerapan standar manajemen ini merupakan tahap pengembangan sistem dan prosedur. Sistem dan Prosedur yang dibuat menjelaskan apa, siapa, bagaimana, kapan dan didokumentasikan dalam rekaman apa sebuah proses dijalankan. Konsultan ISO dengan mengembangkan Prosedur akan memastikan ‘operational excellence’ yaitu tatanan pelaksanaan pekerjaan yang teratur dan sistematik. Pengorganisasian juga mengatur ketersediaan dan jadwal sumber daya manusia yang tersedia untuk menjalankan proses.

  1. Penerapan

Tidak ada gunanya semua rencana yang ditetapkan manajemen apabila tidak dapat diterapkan atau dijalankan dengan efektif. Fungsi manajemen berikutnya adalah memastikan karyawan yang melaksanakan proses mampu dan memahami apa yang harus dikerjakan. Karena itu dalam tahap penerapan fungsi manajemen yang terpenting adalah melakukan sosialisasi standar kerja. Standar kerja yang terdokumentasi dalam prosedur ini harus dipahami betul oleh pelaksana proses. Setiap bagian memiliki beberapa prosedur yang harus dijalankan secara efektif. Proses Bisnis organisasi harus memetakan interaksi antar proses bagian ini. Konsultan ISO membantu membuatkan peta proses bisnis level 1 yang menjelaskan interaksi dan hubungan antar prosedur dalam menghasilkan produk dan layanan.

Fungsi Manajemen oleh Konsultan ISO

  1. Pengendalian

Pengendalian adalah melakukan inspekti dan tes. Pemeriksaan pada tahap tertentu harus dilakukan oleh manajemen untuk memastikan proses telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Baik dari segi waktu, kelengkapan dokumen maupun persyaratan mutu atau spesifikasi. Dalam standar manajemen mensyaratkan rekaman hasil pemeriksaan ini harus dipelihara dengan baik. Rekaman ini menjelaskan ‘acceptance criteria’ atau standar mutu yang harus dicapai. Pelaksana pemeriksa juga harus terdokumentasi dengan baik. Konsultan ISO memastikan perusahaan membuata ‘quality plan’ atau rencana inspeksi dan test yang menjelaskan di tahapan mana saja akan dilakukan pemeriksaan dan standar atau persyaratan mutu yang harus dipenuhi sebelum berlanjut ke proses berikutnya

  1. Peningkatan

Tujuan akhir dari penerapan sistem manajemen adalah peningkatan. Peningkatan ini dapat berarti peningkatan sasaran atau target, peningkatan kecepatan proses, peningkatan kelengkapan dokumen maupun dari segi efektifitas dan efisiensi. Manajemen menetapkan masing-masing bagian harus mentargetkan peningkatan yang menjadi target utama bagian tersebut setiap tahun. Konsultan ISO akan membantu perusahaan membuatkan program peningkatan sehingga dapat memenuhi standar manajemen yang diterapkan oleh perusahaan. Peningkatan kinerja juga dapat menjadi ukuran efektitifitas penerapan sistem manajemen.

Kata Kunci : Konsultan ISO 9001, Konsultan ISO 14001, POAC, Fungsi Manajemen.

Baca Juga :