Kebijakan Lingkungan

Kebijakan Lingkungan | Konsultan ISO 14001

a. Persyaratan ISO 14001:2015

Kebijakan Lingkungan adalah persyaratan Klausul 5,2 ISO 14001:2015 yang menyatakan bahwa Manajemen Puncak harus menetapkan dan memelihara kebijakan sistem manajemen lingkungan yang harus :

  1. sesuai dengan tujuan dan konteks Perusahaan, termasuk sifat, skala dan dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa.
  2. menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan tujuan lingkungan.
  3. mencakup komitmen untuk perlindungan lingkungan, termasuk pencegahan polusi dan komitmen spesifik lainnya yang relevan dengan konteks Perusahaan.
  4. mencakup komitmen untuk memenuhi kewajiban kepatuhan.
  5. mencakup komitmen untuk perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen lingkungan untuk meningkatkan kinerja lingkungan.

Kebijakan Sistem Manajemen Lingkungan perusahaan pada umumnya tercantum dalam manual lingkungan ISO 14001:2015 dan tersedia untuk publik.

Change Konsultan | Konsultan ISO 14001

b. Contoh Kebijakan Lingkungan

PT. ABC mempunyai komitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 secara konsisten dalam rangka Mengelola Lingkungan dengan cara :

  1. Mematuhi Persyaratan dan Peraturan Lingkungan yang berlaku
  2. Melakukan Pencegahan Pencemaran Lingkungan melalui : Pengelolaan Limbah, Pencegahan Polusi Udara, Efisiensi Penggunaan Sumber Daya dan Menjaga Kebersihan
  3. Meningkatkan Kesadaran dan Kompetensi Karyawan di bidang Lingkungan.
  4. Memastikan seluruh Peralatan dalam kondisi Terawat dan Baik untuk mencegah Pencemaran Lingkungan
  5. Meningkatkan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015 Secara Berkesinambungan.

Kebijakan Lingkungan ini wajib dipahami dan dikomunikasikan kepada Manajemen dan Karyawan serta tersedia bagi Pihak-pihak Terkait.

Change Konsultan | Konsultan ISO 14001

Baca Juga :