Manajemen Operasi

Konsultan ISO 9001 – Manajemen operasi sebuah perusahaan jasa atau manajemen produksi dalam perusahaan manufaktur mempertimbangkan hal berikut dalam pelaksanaannya :

1. Desain Produk dan Jasa

Dalam melakukan desain produk dan jasa harus mempertimbangkan kebutuhan pasar atau disebut sebagai design input. Tahapan pelaksanaan pengembangan oleh bagian riset dan development melibatkan aktifitas yang disebut tinjauan desain, verifikasi desain dan validasi desain. Sebelum memulai perencanaan produk harus menetapkan Tim Desain dan rencana desain. Proses rapat pembahasan diantara Tim Desain merupakan aktifitas tinjauan desain. Notulensi tinjauan desain ini harus dipelihara. Verifikasi desain adalah pemeriksaan langsung kepada produk yang sedang dikembangakan. Pemeriksaan ini bisa dari parameter ukuran maupun fungsionalitasnya. Hasil verifikasi desain ini juga harus terdokumetnasi dengan baik. Sedangkan Validasi desain adalah uji coba contoh atau prototipe dari produk dalam kondisi pemakaiannya. Apabila lulus dari validasi desain ini maka produk dapat diproduksi secara masal. Seluruh spesifikasi produk yang dikembangkan ini didokumentasikan dalam keluaran desain. Apabila ada pengembangan atau perubahan dikemudian hari dalam bentuk versi baru dicatat dalam perubahan desain. Konsultan ISO memastikan seluruh siklus desain ini dapat dilaksanakan secara efektif dan memenuhi persyaratan standar.

Konsultan ISO in Manajemen Operasi

2. Proses dan Kapasitas

Proses harus dilaksanakan dalam situasi terkendali. yang dimaksud dengan terkendali adalah cukupnya informasi mengenai produk yang akan diproduksi termasuk jumlah dan target waktu penyelesaiannya. Lokasi pabrik juga menjadi pertimbangan karena sangat berpengaruh terhadap mata rantai pasokan bahan baku. Just in Time adalah produksi yang dilaksanakan secara tepat waktu sehingga pasokan bahan baku juga datang persis saat akan dilakukan proses produksi. Hal ini membuat sediaan bahan baku menjadi sangat minimal atauh bahkan tidak ada sama sekali. Pemilihan lokasi pabrik juga akan sangat berpengaruh terhadap trransportasi dan jaringan distribusi produk. Hal lain yang juga diatur dalam manajemen operasi atau produksi adalah tata letak mesin. Time and Motion study menunjukkan berapa lama dan berapa jauh yang harus dilalui seorang staf produksi dalam memproduksi satu satuan barang. Makin tidak dirancang lay out dengan baik, makin tidak efektif waktu untuk pembuatan produk tersebut. Hal lain yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pasokan dari supplier. Karena itu dalam melaksanakan Just In Time harus berbagi informasi Jadwal Produksi secara on-line dengan supplier. Konsultan ISO memastikan sistem informasi yang dibagikan antara perusahaan dan pemasoknya dapat membuat program Just In Time dapat berjalan dengan efektif. Hal ini dapat ditunjukkan dengan tingkat sediaan yang minimal.

Hubungi Konsultan ISO untuk menerapkan Proses Desain Produk yang baik dan juga penerapan Program Just In Time.

Incoming Search Terms : Konsultan ISO Sistem Manajemen, Just In Time, Persyaratan Desain ISO.

Baca Juga :