Monitoring dan Evaluasi Sistem Manajemen

Monitoring dan Evaluasi Sistem Manajemen adalah salah satu persyaratan yang harus diterapkan oleh perusahaan yang ingin mencapai Sertifikasi ISO. Apa saja yang harus dipersiapkan oleh Konsultan ISO Sistem Manajemen? diantaranya adalah :

A. Survey Kepuasan Pelanggan

Parameter apa saja yang akan diukur

Survey pelanggan sudah dilaksanakan?

Analisa hasil survey sudah dilakukan

Parameter yang sudah baik?

Parameter yang perlu ditingkatkan?

Perlu dikeluarkan LTPP untuk hasil yang tidak baik?

Yang termasuk Monitoring dan Evaluasi Sistem Manajemen juga adalah pemeriksaan internal sistem manajemen yang disebut Audit Internal. Program Audit Internal yang harus disiapkan adalah :

B. Audit Internal

Ada Program dan Jadwal Audit

Auditor independen

Check list terisi dan lengkap

Ada Laporan Audit

LTPP sudah ditindak lanjuti

Pengukuran Produk adalah proses Monitoring dan Evaluasi Sistem Manajemen yang harus terdokumentasi dengan baik :

C. Pengukuran Produk

Hasil pemeriksaan terdokumentasi

Sesuai dengan rencana pemeriksaan

Persyaratan produk tercapai?

Nama pemeriksa jelas

Apabila hasil pengukuran tidak sesuai maka harus dikelola :

Konsultan ISO Jaminan Lulus

D. Produk Tidak Sesuai

Produk tidak sesuai teridentifikasi dan dipisahkan

Mekanisme penanganan produk tidak sesuai jelas

Jika dilakukan perbaikan, apa dilakukan pemeriksaan ulang?

Untuk setiap Produk Tidak Sesuai maupun proses yang tidak memenuhi kriteria maka Konsultan ISO harus memastikan perusahaan melakukan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan.

E. Tindakan Perbaikan dan Pencegahan

Ada Laporan Tindakan Perbaikan dan Pencegahan untuk komplain pelanggan, sasaran mutu tidak tercapai, hasil survey pelanggan yang kurang baik dan masalah opersaional yang selalu terjadi.

Tujuan akhir dari penerapan sistem manajemen adalah peningkatan berkesinambungan, sehingga setelah melakukan Monitoring dan Evaluasi Sistem Manajemen, perusahaan harus mampu menunjukkan Peningkatan Berkesinambungan :

F. Analisa Data dan Peningkatan Berkesinambungan

Analisa data dilakukan terhadap hasil survey kepuasan pelanggan, hasil pemeriksaan produk, pencapaian kinerja proses dan evaluasi pemasok

Ada program peingkatan berkesinambungan.

Baca Juga :