Studi Kasus Audit Internal

Studi Kasus Audit Internal – Konsultan ISO Audit Profesional akan memberikan beberapa skenario untuk memberikan kesempatan untuk setiap peserta pelatihan Audit Internal dapat berdiskusi dengan peserta lainnya apabila menghadapi situasi tertentu.

Berikut ini beberapa situasi yang mungkin saja terjadi dalam pelaksanaan audit internal, sehingga auditor harus mengambil keputusan apa yang harus dilakukannya? :

1. Pada saat  sedang memeriksa proses, auditor terlihat kehilangan fokus dan harus memilih apakah harus memperhatikan proses secara rinci satu per satu atau melihat ‘gambar besar’nya saja?

2. Di salah satu departemen yang sedang diaudit, auditee merasa bahwa area kerjanya adalah departemen yang ‘elit’ dan sempurna, sehingga tidak ada ruang untuk perbaikan di sana, apa yang harus auditor lakukan?

Studi Kasus Audit Internal

Studi Kasus Audit Internal oleh Konsultan ISO

3. Salah seorang auditee menggunakan teknik ‘anti auditor’, sehingga setiap auditor bertanya tentang satu hal, auditee menerangkan secara berlebihan dan membuang-buang waktu, bagiamana ‘mengendalikan’ proses audit yang seperti ini?

4. Auditee selalu berkilah ketika auditor meminta menunjukkan bukti-bukti penerapan, auditee selalu menunjukkan contoh-contoh yang dipilihnya sendiri yang sudah dipersiapkan sebelumnya bukan yang diminta oleh auditor. Sebagai auditor apa yang harus anda lakukan?.

Studi Kasus Audit Internal oleh Konsultan ISO

5. Dalam mengajukan pertanyaan seorang auditor berusaha mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dengan menggunakan pertanyaan terbuka. Jika anda sedang mengaudit prosedur pelatihan beri contoh ketika anda menggunakan ‘pertanyaan terbuka’.

6. Seorang auditor sedang berada di Bagian Produksi, ketika melakukan wawancara dengan seorang supervisor mesin produksi. Auditor tersebut mengatakan : “Jadi saya ingin memastikan lagi bahwa setiap mesin diperiksa menggunakan checklist dan Supervisor tidak memperbolehkan mesin dijalankan sebelum checklist ini diisi dan disampaikan kepadanya?” Teknik apa yang sedang digunakan oleh Auditor?

Studi Kasus Audit Internal oleh Konsultan ISO

7.  Sebagai auditor, anda sedang memeriksa penerimaan barang. Di tempat penerimaan barang, staf gudang sedang memeriksa surat jalan barang yang akan diperiksanya. Anda mengamati situasi yang terjadi diantara staf gudang dan pemasok barang. Kemudia sebagai auditor anda menggunakan teknik pertanyaan hipotesa untuk memastikan proses penerimaan barang sesuai dengan prosedur, coba berikan contoh bagaimana anda melakukannya.

Hubungi Change Konsultan ISO : 0811-8859-ISO(476) untuk Pelatihan Audit Internal.

Baca Juga :