Program Improvement

Konsultan ISO 9001 – Change Konsultan dapat membantu perusahaan untuk menerapkan program improvement yang dapat membantu perusahaan menurunkan biaya mutu. Program improvement ini membantu perusahaan untuk menetapkan apa saja biaya mutu yang harus dimonitor dan dikendalikan. Seperti yang diketahui mutu adalah memenuhi spesifikasi atau standar yang telah ditetapkan. Keuntungan perusahaan dalam menerapkan program improvement ini adalah :

  1. Adanya pemahaman yang sama di seluruh perusahaan mengenai apa yang disebut dengan mutu dan berapa biaya yang ditargetkan untuk membuat produk yang bermutu. Biaya mutu akan ditetapkan manajemen dan dikomunikasikan ke seluruh bagian untuk mencegah biaya kesalahan internal apa saja yang mungkin terjadi.
  2. Adanya budaya untuk membuat produk dengan benar pada kesempatan pertama. Biaya re-work atau pengerjaan ulang adalah salah satu unsur biaya mutu yang akan dimonitor dalam program improvement. Biaya produk reject yang terjadi juga termasuk biaya mutu yang harus dikendalikan oleh perusahaan
  3. Program improvement ini akan mencakup penetapan semua unsur biaya mutu yang akan dikomunikasikan ke seluruh tingkat manajemen sampai dengan operator atau pelaksana proses. Mekanisme ini sebagai struktur untuk membangun program improvement yang akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan
  4. Biaya kesalahan internal yang mungkin terjadi biasanya adalah biaya : pengerjaan ulang, scrap atau produk yang tidak dapat dijual, biaya kesalahan pembelian material, biaya kesalahan produksi dan sebagainya yang harus dihitung dan ditetapkan targetnya untuk masing-masing bagian.
  5. Konsultan ISO Improvement akan mengumpulkan dan melaporkan data biaya mutu untuk kemudian melakukan analisis untuk menemukan kesempatan untuk melakukan peningkatan. Program ini akan berjalan beberapa bulan dan akan dimonitor pencapaiannya secara berkala.
  6. Biaya produksi atau operasi perusahaan akan sangat menentukan persaingan dalam industri, karenanya pemetaan biaya mutu sangatlah penting dilakukan oleh manajemen untuk menghasilkan produk dan layanannya sesuai standar dan spesifikasi dalam biaya yang paling optimal.
  7. Program yang mencakup biaya mutu ini bertujuan untuk memastikan pelanggan mendapatkan produk dan layanan yang bermutu dengan semangat “doing right first time” yang akan meningkatkan produktifitas dan kelangsungan bisnis perusahaan. Hubungi Change Konsultan ISO untuk pelatihan dan penerapan biaya mutu di perusahaan.

 

Menurunkan biaya mutu adalah salah satu program improvement yang harus diterapkan perusahaan. Penerapannya harus dilakukan dengan perencanaan, sistematis dan berkelanjutan yang akan dirasakan manfaatnya oleh perusahaan.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: