Training Membuat Check List Audit

Membuat Check List Audit

Membuat Check List adalah bagian dari tahap persiapan pelaksanaan Audit Internal. Konsultan ISO Training akan memberikan pelatihan Audit Internal kepada calon auditor internal untuk dapat memastikan kompetensi yang cukup untuk dapat melaksanakan audit internal dengan efektif.

Apa saja manfaat membuat check list audit ?

1. Hal positif dari check list akan membantu auditor internal mengingat hal yang penting dalam melakukan audit yaitu :

Apa yang akan diperiksa

Urutan pemeriksaan

Nama dokumen atau rekaman yang diperiksa

2. Manfaat lain auditor membuat check list audit adalah untuk kepentingan manajemen waktu, yang akan mengingatkan auditor area-area yang harus tercakup dalam pelaksanaan audit internal. Makin banyak yang harus diperiksa dalam check list yang dibuat, akan membuat auditor harus memperhatikan manajemen waktu agar pelaksanaan audit dapat diselesaiakan dengan tepat waktu.

3. Check list audit adalah juga kertas kerja auditor, sehingga fungsi dari check list adalah tempat menuliskan temuan atau fakta audit. Berdasarkan penulisan fakta dan bukti-bukti penerapan yang lengkap akan memudahkan auditor untuk menuliskan Laporan Audit.

4. Namun ada hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan check list audit. Kadangkala membuat check list audit akan membuat auditor tidak dinamis atau sangat terikat dengan apa yang ada tertulis dalam check list. Kadangkala sesuai dengan kondisi pada saat audit, auditor dapat memperdalam suatu masalah yang mungkin tidak tertulis dalam check list audit.

5. Hal lain yang merupakan efek negatif dari check list audit adalah kecenderungan dengan tersedianya check list audit, maka auditor akan melakukan pengulangan pertanyaan yang sama dari setiap program audit internal yang dilaksanakan.

Konsultan ISO Training | Membuat Check List Audit

Baca Juga :

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: